ARTIKEL WEB BROWSER

18 Nov

ARTIKEL WEB
Sebuah web browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, menampilkan, dan melintasi sumber informasi pada World Wide Web. Sumber informasi yang diidentifikasi oleh sebuah Uniform Resource Identifier (URI) dan mungkin suatu halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari isi [ Hyperlink hadir dalam sumber daya memungkinkan pengguna dengan mudah untuk menavigasi browser mereka ke sumber daya terkait. Sebuah web browser juga dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak aplikasi atau program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengambil dan melihat dokumen dan sumber daya lainnya di Internet.

Meskipun browser terutama ditujukan untuk mengakses World Wide Web, mereka juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau file dalam sistem file.

Browser web utama adalah Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, Safari, dan Opera.
Isi
WorldWideWeb untuk NeXT, dirilis pada tahun 1991, adalah browser web pertama

Sejarah web browser tanggal kembali ke 1980-an, ketika berbagai teknologi meletakkan dasar untuk browser web pertama, WorldWideWeb, oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Browser yang dibawa bersama-sama berbagai perangkat lunak yang ada dan baru dan teknologi perangkat keras.

Pengenalan NCSA Mosaic browser Web pada tahun 1993 – salah satu web browser grafis pertama – menyebabkan ledakan dalam menggunakan web. Marc Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-dipengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser paling populer di dunia, akuntansi untuk 90% dari semua penggunaan web di puncaknya (lihat bagian penggunaan web browser).

Microsoft menanggapi dengan Internet Explorer di 1995 (juga sangat dipengaruhi oleh Musa), memulai perang browser pertama di industri. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar browser web, Internet Explorer berbagi penggunaan memuncak di lebih dari 95% pada tahun 2002

Opera debutnya pada tahun 1996, meskipun belum pernah dicapai digunakan secara luas, memiliki kurang dari 1% pangsa penggunaan browser pada Februari 2009 menurut Net Applications, , setelah tumbuh 2,14 pada April 2011 Opera mini versi memiliki pangsa aditif , pada April 2011 sebesar 1,11% dari keseluruhan menggunakan browser, tetapi terfokus pada pasar yang tumbuh cepat web ponsel mobile browser, yang terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel. Hal ini juga tersedia di beberapa embedded system lain, termasuk konsol video permainan Nintendo Wii.

Pada tahun 1998, Netscape diluncurkan apa yang menjadi Mozilla Foundation dalam upaya untuk menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan model perangkat lunak open source. Bahwa browser akhirnya akan berkembang menjadi Firefox, yang mengembangkan berikut terhormat sementara masih dalam tahap beta pembangunan; tak lama setelah rilis Firefox 1.0 pada akhir 2004, Firefox (semua versi) menyumbang 7,4% dari menggunakan browser Sebagai. Agustus 2011, Firefox memiliki pangsa pasar 27,7%.

Apple Safari telah rilis beta pertama pada Januari 2003;. Per April 2011, ia memiliki saham dominan dari Apple berbasis web browsing, akuntansi selama lebih dari 7,15% dari pasar browser seluruh

Para peserta utama terbaru ke pasar browser Google Chrome, pertama kali dirilis pada bulan September 2008. Mengambil-up Chrome telah meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa pasar dari 7,7 persen menjadi 15,5 persen pada Agustus 2011. Peningkatan ini sebagian besar tampaknya harus mengorbankan Internet Explorer, yang berbagi cenderung menurun dari bulan ke bulan.

Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna masukan sebuah Uniform Resource Locator (URL), misalnya http://en.wikipedia.org/, ke browser. Awalan URL menentukan bagaimana URL akan ditafsirkan. Jenis yang paling umum digunakan dari URI dimulai dengan mengidentifikasi http:and sumber daya yang akan diambil selama Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Banyak browser juga mendukung berbagai prefiks lain, seperti https:untuk HTTPS, ftp:for File Transfer Protocol, dan file: untuk file lokal. Prefiks bahwa web browser tidak dapat secara langsung menangani sering diserahkan ke aplikasi lain sama sekali. Sebagai contoh, mailto: URI biasanya dilewatkan ke aplikasi e-mail default pengguna, dan berita: URI dilewatkan ke pembaca newsgroup pengguna default.

Dalam kasus http, https, file, dan lain-lain, sekali sumber daya telah diambil web browser akan menampilkannya. HTML akan diteruskan ke browser layout engine untuk diubah dari markup untuk dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang dapat menjadi bagian dari suatu halaman web. Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering memiliki plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan Java applet. Setelah menghadapi sebuah file jenis tidak didukung atau file yang telah diatur untuk di-download ketimbang ditampilkan, browser meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.

Sumber informasi dapat berisi hyperlink ke sumber informasi lain. Setiap link berisi URI dari sumber daya untuk pergi ke. Ketika link diklik, browser menavigasi ke sumber daya yang ditunjukkan oleh URI target link, dan proses membawa konten ke pengguna dimulai lagi.

Untuk detail lebih lanjut tentang topik ini, lihat Perbandingan web browser.

Tersedia web browser berkisar fitur dari minimal, antarmuka berbasis teks pengguna dengan telanjang-tulang dukungan untuk HTML ke user interface yang kaya mendukung berbagai macam format file dan protokol. Browser yang mencakup komponen tambahan untuk mendukung e-mail, Usenet news, dan Internet Relay Chat (IRC), kadang-kadang disebut sebagai “Internet suite” daripada hanya “web browser”.

Semua web browser utama memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa sumber informasi pada saat yang sama, baik dalam jendela browser yang berbeda atau dalam tab yang berbeda dari jendela yang sama. Browser utama juga termasuk pop-up blocker untuk mencegah jendela yang tidak diinginkan dari “muncul” tanpa persetujuan pengguna

Kebanyakan web browser dapat menampilkan daftar halaman web yang pengguna telah bookmarked sehingga pengguna dapat dengan cepat kembali kepada mereka. Bookmark juga disebut “Favorit” di Internet Explorer. Selain itu, semua web browser utama memiliki beberapa bentuk built-in web feed aggregator. Di Firefox, web feed yang diformat sebagai “bookmark hidup” dan berperilaku seperti folder penanda yang sesuai dengan entri terbaru di feed Di Opera, pembaca feed yang lebih tradisional adalah termasuk yang menyimpan dan menampilkan isi feed..

Selain itu, kebanyakan browser dapat diperpanjang melalui plug-in, komponen download yang menyediakan fitur tambahan.

Kebanyakan web browser utama memiliki elemen user interface ini di umum:

Kembali dan tombol maju untuk kembali ke sumber daya sebelumnya dan ke depan masing-masing.
tombol refresh atau reload untuk reload sumber daya saat ini.
SebuahSebuah tombol berhenti untuk membatalkan pemuatan sumber daya. Pada beberapa browser, tombol stop digabung dengan tombol reload.
Sebuah tombol home untuk kembali ke halaman home user.
Sebuah address bar untuk input Uniform Resource Identifier (URI) dari sumber daya yang diinginkan dan menampilkannya.
Sebuah bar pencarian untuk istilah masukan ke mesin pencari.A status bar untuk menampilkan kemajuan dalam pemuatan dan juga sumber daya URI link ketika kursor melayang di atas mereka, dan halaman zoom kemampuan.

Mayor browser juga memiliki tambahan menemukan fitur untuk mencari di dalam sebuah halaman web.

Sebagian besar browser mendukung HTTP Aman dan menawarkan cara cepat dan mudah untuk menghapus web cache, cookie, dan riwayat browsing. Untuk perbandingan kerentanan keamanan saat browser, lihat perbandingan web browser.

Awal web browser hanya didukung versi sangat sederhana dari HTML. Pesatnya perkembangan web browser eksklusif menyebabkan perkembangan dialek non-standar dari HTML, sehingga menimbulkan masalah dengan interoperabilitas. Web browser modern mendukung kombinasi dari HTML standar-based dan de facto dan XHTML, yang harus diberikan dengan cara yang sama oleh semua browser.

Sebuah ekstensi browser adalah program komputer yang memperluas fungsionalitas dari web browser. Setiap web browser utama mendukung pengembangan ekstensi browser

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: